Salam dari Taman Bacaan Saulus

Salam dari Taman Bacaan Saulus
Pandangan

Sabtu, 12 Maret 2016

RESENSI BUKU 01 : KANE DAN ABEL

Cerita bersambung ini pernah dimuat di Harian Umum Kompas, begitu membacanya, saya tak dapat berhenti menikmati kisah ini, setiap hari saya tunggu sambungannya.

Cerita ini karya Jeffrey Archer, seorang pengarang spesialis, yang mengisahkan kisah sukses seorang bisnisman atau usahawan yang biasanya dimulai dari kisah masa kecil sang tokoh.

Dalam Kisah Kane dan Abel ini, dia menampilkan dua tokoh :

  1. Kane dilahirkan dari keluarga Bankir yang sudah memiliki Bank sendiri (di Amerika Serikat), keluarganya harmonis
  2. Abel lahir sebagai anak haram, lahir dari rahim seorang wanita desa yang diperkosa (di Polandia). di pungut oleh keluarga tukang jerat, ibu asuhnya dan anak wanitanya menyayangi dia, ayah asuhnya tak menyukai dia. 
  3. Kane pandai, di didik secara khusus dan mengikuti jenjang pendidikan elite
  4. Abel pandai, di didik di sekolah desa, karena kepandaiannya dia diminta mendampingi anak bangsawan di kastil, dan mendapat pendidikan khusus juga, karena menumpang
  5. Kane kehilangan ayahnya saat masih belia ( 6 tahun)
  6. Abel kehilangan orang yang disayanginya, yakni kakaknya dan ... kehilangan kondisinya di bangsawan Baron yang mati karena perang yang melanda Polandia oleh pendudukan Jerman.
  7. Kane didukung oleh neneknya, dasar-dasar pengaturan uang dengan buku kas yang selalu diawasi ketat
  8. Abel diajar oleh pengalaman mempertahankan hidup,berhemat, menyimpan uang sedikit demi sedikit untuk persiapan masa depan
Kalau diurutkan terus akan banyak sekali ............... , tapi jelas akhirnya mereka bertemu ! Keduanya tanpa saling mengetahui, sebenarnya saling membantu, bahkan saling menyelamatkan dan tragisnya. Dalam kenyataan yang diketahuinya, mereka saingan bisnis, yang karena kondisi menjadi musuh yang sangat berat. Saling ingin menjatuhkan. Tragis !!!

Namun keduanya memiliki keturunan yang bertemu dan saling jatuh cinta, keduanya juga memiliki bakat-bakat bisnis besar, yang tak mau tergantung pada orangtua. Kedua anak ini menjadi korban permusuhan kedua orangtuanya. Dan memutuskan untuk bersama ? Seru ... lah. Nanti saya akan berbagi kisah ini untuk anda semua rekan-rekan setia.

Salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar